Majalah Mustahiq Edisi Agustus 2019

Sahabat Mustahiq yang dirahmati Allah SWT, Rasulullah SAW pernah bersabda, "...Tetangga yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap tetangganya." (HR. At Tirmidzi 1944, Abu Daud 9/156). Semakin tinggi keimanan sesorang, maka semakin mulia pula akhlaknya kepada siapapun, termasuk kepada para tetangganya.

Maka apabila kita mengharapkan Allah SWT dan RasulNya mencintai kita, tunaikanlah apa yang telah diamanahkan kepada kita; berbicaralah dalam kebenaran dan bertetanggalah dengan sangat baik kepada tetangga kita. Anjuran berbuat baik kepada tetangga tersebut pun berlaku secara umum kepada setiap orang yang disebut tetangga, bagaimana pun keadaannya.

Seorang mukmin tidak dihalalkan menggangu tetangganya dengan berbagai macam gangguan. Karena bisa saja tetangga itu dihukum karena dosa atau ulah tetangganya sendiri, kadang juga kita harus menganggu akibat dari apa yang telah diperbuat oleh orang-orang terdekat kita. Bahkan tak jarang dijumpai di kehidupan sekitar kita, masih banyak sekelompok orang yang sering melakukan aktivitas yang menggangu tetangga namun justru mereka tidak merasa ada yg salah akan hal itu.

Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir maka janganlah dia mengganggu tetangganya." (HR Bukhari No. 1609, Muslim No. 2643) Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang demikian.

E-Majalah Sahabat Mustahiq dapat di download disini