Majalah Mustahiq Edisi Desember 2019

Assalamualaikum Wr. Wb

Para Sahabat Mustahiq yang budiman, pernahkah kita atau teman kita membicarakan orang lain dengan penuh kecuirgaan atau prasangka? Mungkin tidak kita sadari bahwa hal ini sering terjadi di antara masyarakat hingga saat ini. Padahal, Allah SWT beserta RasulNya melarang kita, sebagai hamba serta umatnya untuk berprasangka buruk terhadap orang lain, dikarenakan sifat buruk sangka ini dapat menggoyahkan iman seorang mukmin dan bahkan dapat memutus tali silaturahim.

Di zaman era digitilasisasi ini, prasangka buruk tak hanya di dunia nyata, melainkan juga di dunia maya. Padahal Allah SWT berfirman, "Jauhilah kalian dari kebanyakan persangkaan, sesungguhnya sebagian prasangkan adalah dosa." (QS. Al-Hujurat: 12). Berusaha sekuat tenaga untuk menghindari berprasangkan buruk adalah jalan selamat dan sikap yang terpuji d dalam Islam. Karena ketika sesorang sudah berburuk sangka kepada saudaranya, dia akan melakukan tajassus, yaitu dia mencari-cari bukti aib dan keburukan saudaranya untuk membuktikan prasangkanya.

Sebagai seorang Muslim, kita diharuskan untuk senantiasa menjada hati untuk tidak berprasangka buruk. Melalui nutrisi hati dan nutrisi ilmu Majalah Mustahiq ini, redaksi ingin mengingatkan kembali, bahwa dosa ini mungkin saja terjadi pada setiap orang pada setiap tingkat usia. Semoga Allah SWT mengampukan segala dosa dan khilaf, dan semoga kita dijauhkan dari sifat saling curiga ataupun Su'udzon

Wassalamualaikum Wr. Wb
Redaksi Majalah Mustahiq